Selasa, 20 Januari 2009

Rapat Persiapan Pelaksanaan STQ IV Tahun 2009

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) merupakan salah satu lembaga yang memiliki tugas utama mengembangkan Si’ar Islam melalui pengembangan dan pemahaman Al Qur’an ditengah-tengah masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar seluruh umat muslim dapat menikmati suasana yang religius dan selalu menerapkan ajaran Islam yang terkandung dalam setiap ayat dalam kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman dalam menjalani hidup dan kehidupan. Pemahaman ini penting dalam menjalani kehidupan demi mendapat keridhoan dari sang pencipta. Untuk itu, itu perlu dipahami bahwa tugas si’ar islam ini sebenarnya bukan hanya tugas LPTQ semata tetapi juga seluruh umat muslim pada umumnya.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Natuna, Drs. Mazjad ketika membuka Rapat Persiapan Pelaksanaan STQ VI Tingkat Kabupaten Natuna Tahun 2009, Rabu (12/01) pagi di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna. Dikatakan pula bahwa berdasarkan agenda tahunan LPTQ Kabupaten Natuna tahun ini, melalui hasil rapat pelaksanaan STQ VI kali ini akan dilaksanakan pada akhir bulan Februari 2009. hal ini dimaksud agar Kabupaten Natuna dapat mengirimkan Qori/Qori’ah pada ajang STQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan Bulan April 2009 mendatang dan pelaksanaan STQ X Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 06 s.d 12 Juni 2009 mendatang.

Berdasarkan hasil rapat, dapat diputuskan beberapa hal yang diantaranya :
1. Pelaksanaan STQ VI Tingkat Kabupaten Natuna akan dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 26 Februari 2009 yang telah disesuaikan dengan jadwal Kapal guna menunggu kedatangan Kafilah dari Kecamatan diluar Pulau Bunguran.
2. Berdasarkan beberapa pertimbangan, Pelaksanaan STQ VI kali ini akan dipusatkan di Gedung Daerah Kabupaten Natuna, Jalan Hassanuddin/Ranai Darat.
3. Setiap juara yang terjaring melalui kegiatan STQ VI kali ini rencananya akan diikutkan dalam Lembaga Pembinaan LPTQ yang akan dipusatkan dilokasi Islamic Centre/Komplek Gerbang Utaraku sebagai calon bibit yang diharapkan dapat menjadi potensi unggulan Kafilah Kabupaten Natuna dimasa hadapan.
4. Berdasarkan Hasil Munas LPTQ Nasional tahun lalu, telah terjadi beberapa perubahan yang diantaranya adalah perubahan nama lembaga dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) menjadi Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPPTQ). Hasil keputusan lain adalah Ketua LPPTQ haruslah Wakil Bupati dan disesuaikan dengan kondisi daerah tertentu. Kedua hasil keputusan ini akan dibahas nantinya pada Rapat Kerja pada pelaksanaan kegiatan STQ VI nanti.
5. Saat ini dirasa kegiatan pembinaan Tilawatil Qur’an di tingkat kecamatan mengalami penurunan, hal ini juga akan dibahas dalam Rapat Kerja guna mencari solusi tepat untuk lebih menggairahkan lagi pembinaannya terutama bagi usia anak dan remaja.
6. Penyusunan Kepanitiaan Kegiatan STQ VI Tingkat Kabupaten Natuna Tahun 2009 diserahkan kepada Pengurus LPTQ Kabupaten Natuna.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa cabang yang akan diperlombakan pada kegiatan STQ kali ini mengalami sedikit perubahan (pengurangan) yaitu Tilawah Khusus Dewasa Putra dan Putri, Hifzil Qur’an (1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz) dan Tafsil Qur’an (bahasa Arab). Hal ini dimaksudkan agar dapat menyesuaikan cabang yang diperlombakan pada pelaksanaan STQ Tingkat Provinsi dan Nasional.

Peliput : Alex

Tidak ada komentar:

Posting Komentar